LATGAB LANJUT II FAJY

LATGAB lanjut II FAJY merupakan salah satu sarana latihan bersama untuk anak anak pecinta alam bidang arung jeram terutama yang berdomisili di daerah istimewa Yogyakarta. Dalam kegiatan ini para peserta tidak hanya difokuskan pada materi dasar arung jeram namun lebih fokus pada tingkat lanjutnya seperti mengenai materi skipper, boat rescue, dan lain – lain. Pada intinya lebih mendalam lagi dibandingkan materi dasar yang biasanya telah mereka dapat di OPA masing – masing.

Rangkaian materi dari latgab ini antara lain mulai dari seleksi peserta yang cukup ketat karena peserta di interview secara keseluruhan mengenai materi arung jeram, materi ruang dan latihan fisik , simulasi di tambak boyo serta try out di sungai elo dan pengarungan murni di sungai serayu via belimbing.

Utusan yang dikirimkan dari PLANTAGAMA ada dua orang yaitu Agrie dan Willy. Mereka sungguh sangat terkesan mengenai LATGAB ini karena mereka banyak mendapatkan keuntungan mulai dari tambahan materi lanjut mengenai arung jeram, teman – teman baru serta bisa mengarungi sungai serayu yang jeram – jeramnya sangat mengasyikkan.

Di sungai elo, materi yang mereka dapatkan cukup banyak namun pada intinya lebih ditekankan pada latihan mental sehingga porsi renang jeram lebih diperbanyak di sungai ini supaya para peserta tidak kaget saat mengarungi sungai yang memiliki grade yang lebih tinggi. Materi yang mereka dapat yaitu teknik renang jeram, teknik melewati standing wave saat renang jeram, renang eddies to eddies, read and run, scouting, flip flop, lempar throw bag, boat rescue dan materi skipper.

Di sungai serayu merupakan tantangan dan pengalaman yang sungguh menegangkan sekaligus mengasyikkan. Namun mereka juga sempat agak khawatir mengenai sungai serayu yang saat diceritakan cenderung cukup mengerikan karena banyaknya terdapat undercut dan hole yang cukup besar disana sehingga mereka terlalu membayangkan yang berlebihan terhadap sungai tersebut. Padahal pengarungan di sungai ini cukup mengasikkan walaupun ada beberapa perahu yang flip dan awaknya terlempar keluar perahu. Tempat tempat yang cukup berkesan bagi mereka yaitu jeram welcome yang memiliki hole tersembunyi yang mampu melemparkan awak di perahu, jeram gate dengan pintu masuk perahu yang cukup sempit, jeram cawet dan tangga yang memiliki kemiringan cukup tinggi, jeram S3 yang memiliki belokan yang tajam dan langsung membentur tebing dan terdapat undercut serta jeram watu kodok dan double drop yang memiliki hole yang cukup besar.

Antara sungai elo dan sungai serayu begitu banyak perbedaan karakteristik sungai yang ditemui di sungai elo mungkin kita hanya akan menemui sedikit jeram yang  saling sambung menyambung dan lebih banyak flatnya. Namun di sungai serayu sungguh berbeda karena jarak antara satu jeram ke jeram lainnya cukup dekat sehingga diperlukan respon yang cukup dcepat jika perahu terbalik. Serta memiliki banyak belokan yang arus utamanya langsung menabrak tebing sehingga dibawahnya kemungkinan besar terdapat undercut yang merupakan momok yang cukup mengerikan bagi para rafter.

Pada intinya pengalaman mengikuti latgab ini sungguh banyak dan cukup mengesankan.; jadi bagi para pecinta arung jeram jangan takut untuk mencoba sungai sungai baru dan selalu mengasah skill karena di luar sana masih banyak yang memiliki skill arung jeram yang lebih tinggi dibandingkan kita. Salam dayung….

Categories: ARUNG JERAM | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: